Bupati Sleman Membuka Gelar Budaya Yogyakarta Kapanewon Gamping

PASARKAYU
banner 468x60

Sleman (DIY), SUARAKLATEN.id – Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo membuka Gelar Budaya Yogyakarta Kapanewon Gamping 2023 dan melepas kirab 5 bregodo pada Rabu, (9/8/2023) di Halaman Kantor Kapanewon Gamping.

Dalam sambutannya, Kustini mengapresiasi pelaksanaan kirab Bregodo ini sebagai upaya pelestarian budaya Yogyakarta. Melalui kirab bregodo ini diharapkan masyarakat dapat mengapresiasi dan mewarisi semangat patriotisme melalui budaya, serta menumbuhkan rasa handarbeni atau memiliki terhadap kebudayaan dan tradisi yang ada di Sleman dan Yogyakarta.

GPPE-SEMARANG 2023

Dengan terus menerus melakukan kegiatan untuk nguri-uri Kebudayaan, diharapkan dapat melestarikan sekaligus memperkuat identitas budaya Sleman dan Yogyakarta,” ujarnya.

Ia berharap dengan kegiatan ini jadi ajang masyarakat untuk gumregah dan selalu menjaga kerukunan sesuai dengan tema acara ini yakni Gamping Gegayengan.

Sementara itu, Panewu Gamping, Yakti Yudanto melaporkan bahwa rangkaian acara Gelar Budaya Yogyakarta Kapanewon Gamping 2023 dilaksanakan selama 2 hari yakni 9-10 Agustus 2023 dengan kegiatan Festival Bregodo, Festival Jathilan dan Pameran UMKM.

Tujuan acara ini antara lain melestarikan eksistensi kesenian di Gamping sekaligus nguri uri agar langgeng dan lestari. Selain itu, juga menjadi media pelaku seni dan budaya di Gamping untuk tampil serta mencari bibit seniman. Sedangkan pameran UMKM diselenggarakan untuk mewadahi pelaku UMKM Gamping dan mempromosikan produk unggulannya,” jelasnya.

Ia mengatakan, rute yang dilewati Bregodo yakni Perempatan Delingsari, Pertigaan Pasar Gamping menuju Pertigaan Ringin Masjid Agung Gamping dan kembali ke Kantor Kapanewon Gamping. Terdapat 5 Bregodo perwakilan 5 Kalurahan di Gamping yakni Bregodo Selo Aji Ambarketawang, Bregodo Nogoroso Nogotirto, Bregodo Kartadimeja Balecatur, Bregodo Ranu Wira Banyuraden dan Bregodo Wirorejo Trihanggo.

suraTV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GPPE-SEMARANG 2023