Contoh Iklan BAM 970 x 250 pixel

Wapres RI Ma’ruf Amin Resmikan Kampung Bahari Nusantara Pantai Samas di Bantul Yogyakarta

PASARKAYU
banner 468x60

Bantul (DIY), SUARAKLATEN.id – Kampung Bahari Nusantara (KBN) Pantai Samas Bantul yang dibentuk oleh Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Yogyakarta merupakan salah satu bagian dari program Kampung Bahari Nusantara yang diresmikan oleh Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin secara serentak di seluruh Indonesia melalui Video Confrence, Senin (15/05/2023).

Kampung Bahari Nusantara sendiri merupakan program rutin TNI AL, dimana setiap satuan diharapkan bisa membentuk kampung binaan yang disebut Kampung Bahari Nusantara, di dalamnya terdapat 5 Klaster yakni Klaster Pendidikan, Klaster Ekonomi, Klaster Kesehatan, Klaster Pariwisata dan Klaster Pertahanan. Khusus Klaster Pertahanan murni dari TNI AL, adapun untuk 4 Klaster lainnya TNI AL Lanal Yogyakarta bekerjasama dengan Instansi terkait/Pemda.

JIIFINA - JOGJA 2024

Didirikannya Rumah Pintar (Rumpin) di Pantai Samas, ini merupakan tanda dibentuknya Kampung Bahari Nusantara didalamnya dilengkapi fasilitas internet, komputer, laptop, buku bacaan, meja kursi dan pengawak, ini merupakan bentuk klaster pendidikan yang bertujuan untuk membantu mencerdaskan masyarakat sekitar pesisir.

Pada Klaster Ekonomi, maka nantinya
Lanal Yogyakarta akan bekerja sama dengan ahlinya melaksanakan pelatihan pengolahan hasil laut menjadi makanan olahan seperti bakso nugget abon ekado, pengolahan makanan dengan bahan dasar mangrove dan lain lain tang tujuannya meningkatkan perekonomian masyarakat.

Klaster Kesehatan, Lanal Yogyakarta melaksanakan Baksos, penyuluhan kesehatan tentang KB, hidup sehat dan penyuluhan stunting serta melengkapi sarana prasarana Posyandu di Rumpin.

Untuk Klaster Pariwisata, Lanal Yogyakarta akan menggandeng Dinas Pariwisata dan Kalurahan Srigading mengadakan event event guna meningkatkan pariwisata Pantai Samas seperti festival layang layang, lampion yang akan rutin dilaksanakan setiap tahun.

Sedangkan Klaster Pertahanan,
Lanal Yogyakarta melaksanakan penyuluhan tentang wawasan kebangsaan dan belanegara kepada masyarakat dan siswa SMK, serta pramuka Sakabahari.

Mengawali peresmian Kampung Bahari Nusantara Samas ini Lanal Yogyakarta menyelenggarakan Bakti Sosial pemeriksaan kesehatan atau pengobatan gratis dan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) bagi masyarakat sekitar di Rumah Pintar.

Danlanal Yga Kolonel Laut (KH/W) Devi Erlita, S.Ag., M.M., M.Tr.Hanla menyampaikan bahwa pembentukan Kampung Bahari Nusantara merupakan implementasi perintah Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla melalui Dinas Potensi Maritim TNI AL (Dispotmaral), tidak lain bertujuan untuk menjaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara serta keberadaan TNI AL dimanapun berada harus bermanfaat bagi masyarakat sekitar,” imbuhnya.

suraTV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

JIIFINA - JOGJA 2024