Contoh Iklan BAM 970 x 250 pixel

Sambut Pemilu 2024 Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat DIY Adakan Rapat Kerja

PASARKAYU
banner 468x60

Yogyakarta, SUARAKLATEN.id – Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta (FKDM DIY) mengadakan rapat kerja dengan mengambil tema “Menumbuhkan Partisipasi Masyarakat dalam Mencegah Ekses Pemilu untuk Menciptakan Pemilu Damai”. Kegiatan tersebut berlangsung di Grage Business Hotel Yogyakarta pada hari Senin, 20 Maret 2023.

Rapat Kerja FKDM DIY ini menjadi hal penting khususnya dalam menyambut pemilu 2024. Maka perlu diadakan rapat untuk menambah wacana baru dan ide-ide untuk melaksanakan pemilu yang damai, berkeadilan, arif dan bijaksana serta demokratis. Karena dalam kehidupan masyarakat begitu deras pelanggaran-pelanggaran dalam pemilu.

JIIFINA - JOGJA 2024

Pada kegiatan rapat kerja FKDM DIY ada dua narasumber yaitu dari BAWASLU dan BINDA DIY. Serta dihadiri oleh Kepala Bakesbangpol DIY/yang mewakili, Kapolda DIY/yang mewakili, Danrem 072 Pamungkas/yang mewakili, Kabid Binwasnas Kesbangpol DIY, Perwakilan dari Kesbangpol Kota/Kabupaten se DIY dan Ketua FKDM dari tingkat Kapanewon dan Kab/Kota se DIY serta perwakilan dari beberapa organisasi diantaranya Forum Kader Bela Negara Daerah Istimewa Yogyakarta (FKBN DIY), Tenaga Pelopor Perdamaian DIY, Forkom Bhineka Tunggal Ika DIY, HMI cabang Yogyakarta, GMKI cabang Yogyakarta dan IKPMDI cabang yogyakarta serta staf Bakesbangpol DIY.

Forum Kader Bela Negara Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai bagian dari komponen potensi pertahanan negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Maka dengan hadirnya FKBN DIY dalam giat Rapat Kerja FKDM DIY menjadi bagian penting dalam mengaktualisasikan nilai-nilai dasar bela negara dengan ikut serta dalam gerakan deteksi dini menjelang pemilu 2024 dan ikut serta dalam menyebarkan nilai-nilai positif pada masyarakat luas melalui sosialisasi tentang pemilu damai, jujur, adil dan demokratis. Serta mencegah hal-hal yang bisa berpotensi penyalahgunaan hak suara, politik uang, politik identitas dan ikut serta melakukan pengawasan dari lini terkecil.

Asep Susilo A.S selaku Wakil Kepala Bakorwil FKBN DIY yang ikut hadir dalam acara tersebut juga menyampaikan bahwa FKBN DIY memiliki peran strategis dalam memantau pemilu damai dan ikut memastikan terselenggaranya pemilu yang baik secara terbuka, adil dan demokratis. Serta FKBN DIY juga bisa merefleksikan dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pemilu yang baik dan demokratis.

Kemudian dari pada itu FKBN DIY juga bisa menjadi ikon dalam gerakan sosialisasi pemilu damai sehingga nilai-nilai bela negara dapat teraktualisasikan dengan baik. Sebab ikut serta dalam giat pemilu damai itu juga bagian dari Bela Negara. Pungkas Asep yang juga merupakan bagian dari Tim Kewaspadaan Dini Masyarakat DIY.

Harapannya dengan adanya rapat kerja FKDM DIY ini bisa menjadi nilai tambah dan pemilu 2024 bisa berjalan dengan jujur, adil, dan demokratis. Serta dalam mewujudkan pemilu damai dan bersih perlu adanya sinergitas antar komponen. Sehingga bisa terwujud pemilu yang LUBER dan JURDIL.

Dalam rapat kerja FKDM DIY ini FKBN DIY diwakili oleh Daru Putri Kusumaning Tyas, M.Han selaku Sekretaris Wilayah FKBN DIY, Setiono, S.Th.I., MA selaku Kepala Bagian P4GN, Sergio Erfan D.C, SM selaku Danki Kogaphan Bela Negara.

suraTV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

JIIFINA - JOGJA 2024